top of page

Persiapan Mudik Ala MinTu



mempersiapkan mudik

Mudik Lebaran selalu menjadi momen yang paling dinantikan untuk berkumpul bersama sanak saudara di kampung halaman. Mempersiapkan mudik memang tidak boleh sembarangan. Ada berbagai aspek yang harus diperhatikan, baik dari segi keamanan hingga aspek keselamatan.


Misalnya, Sahabat perlu melakukan perawatan rutin mobil sebelum mudik ke kampung halaman. Pastikan komponen penting dalam mobil selalu dalam keadaan optimal, tentu agar perjalanan jadi lebih tenang, aman, dan nyaman. Nah, MinTu mau kasih beberapa tips nih buat kalian yang mau melakukan perjalanan mudik. Simak tips nya berikut ini.


  1. Menjaga kesehatan Sebelum memulai perjalanan mudik, yang pertama harus dipersiapkan adalah kondisi fisik. Kondisi fisik yang fit sangat penting saat mengemudi mobil pribadi agar konsentrasi tidak terganggu. Pastikan istirahat yang cukup dan mengonsumsi vitamin serta makanan bergizi sebelum melakukan perjalanan. Jika merasa kurang sehat, lebih baik tunda rdulu perjalanan mudik untuk menghindari insiden yang tidak diinginkan.

  2. Periksa kondisi keamanan rumah Sebelum menikmati momen mudik dan reuni bersama keluarga di kampung halaman, penting untuk memastikan keamanan rumah yang ditinggalkan. Pastikan semua pintu terkunci dengan baik, tidak ada perangkat elektronik yang masih tersambung, dan pastikan tabung gas dari kompor dilepas. Beberapa hal tadi penting dilakukan oleh pemudik untuk mencegah kemungkinan kejadian yang tidak diinginkan selama masa mudik.

  3. Sebisa mungkin bawalah uang tunai Di era digital ini, banyak orang beralih ke pembayaran non-tunai. Namun saat mudik, disarankan untuk tetap membawa uang tunai. Seperti diketahui, tidak semua tempat memiliki pembayaran secara digital, contohnya ketika parkir umum, pergi ke WC umum, ataupun kuliner di warung.

  4. Membawa perbekalan Rasa lapar dan haus sudah pasti sering muncul saat melakukan perjalanan jauh. Tidak ada salahnya untuk membawa perekana dibanding harus beli diluar. Ini tentu bisamenghemat biaya pengeluaran. Karena biasanya makanan dan minuman yang dijual di luar memiliki harga yang lebih mahal. Selain itu, menyiapkan bekal dapat mencegah rasa lapar dan dehidrasi ketika menyetir mobil dengan jarak jauh. 

  5. Pelajari rute alternatif Sebelum melakukan perjalanan, penting untuk mempelajari rute tujuan perjalanan. Ini dilakukan untuk memastikan perjalanan lancar dan tidak terhambat dari kemacetan. Manfaatkan perangkat smartphone untuk melihat informasi perjalanan atau mencari rute alternatif ang diperlukan.

  6. Menjaga daya baterai handphone dan kuota internet Di era digital ini, memanfaatkan peta digital menjadi hal wajib yang dilakukan setiap pengendara. Oleh karena itu, penting untuk menjaga daya baterai agar ponsel tidak mati tiba-tiba. Siapkan power bank sebagai solusi darurat jika baterai smartphone hampir habis. Tidak lupa juga kuota internet juga menjadi hal penting untuk memastikan kelancaran penggunaan peta digital.

  7. Mempersiapkan biayaBiaya mudik tidak hanya mencakup tarif tol, tapi juga bensin, makan, dan kebutuhan tak terduga lainnya. Menyiapkan biaya untuk mudik jauh-jauh hari sangat diperlukan apalagi jika membawa mobil pribadi. Disarankan untuk mengisi kartu tol dengan nominal yang lebih besar dari total tarif biasanya sebagai langkah pencegahan jika ada kebutuhan tambahan.

  8. Cek kondisi mobil Bukan hanya kondisi pengemudi yang harus prima, kondisi mobil pun tak kalah penting. Oleh karena itu, periksakan dan rawat mobil secara menyeluruh sebelum mudik di dealer resmi Tunas Daihatsu. Hal ini bertujuan untuk memastikan performa mesin yang optimal dan meminimalisir risiko kecelakaan.

Demikian informasi mengenai persiapan mudik yang perlu Sahabat perhatikan. Semoga bermanfaat.




Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu  

TikTok: @tunas.daihatsu  


32 views0 comments

Comments


bottom of page