top of page

Waspada Heatwave, Lindungi Mobil!



Fenomena heatwave atau cuaca panas yang berlebihan saat ini sedang melanda banyak daerah di seluruh tanah air Indonesia. Akibatnya, mungkin Sahabat perlu memberikan perhatian ekstra terhadap kendaraannya agar tidak terdampak oleh paparan sinar matahari yang jauh lebih kuat dari biasanya. Hal tersebut karena heatwave berpotensi menyebabkan hal-hal berikut terhadap mobil Sahabat:


Seperti yang kita ketahui, bahan karet tidak memiliki resistensi yang sempurna terhadap panas. Sehingga komponen mobil yang terbuat dari karet seperti wiper dan karet pada pintu mobil mungkin dapat mengeras atau rusak jika terpapar panas berlebihan dalam jangka waktu panjang.


Perubahan temperatur yang signifikan juga dapat mempengaruhi tekanan ban. Jika tidak melakukan perawatan ban secara berkala, keausan yang tidak merata mungkin tidak akan terdeteksi sehingga memperpendek umur ban.


Kembali ke bagian eksterior, lampu mobil bisa cepat menguning sehingga menghambat kinerja lampu pada malam hari. Sementara untuk interior, dasbor mobil juga dapat menjadi kusam jika tidak dilakukan tindakan preventif. Lantas, apa yang bisa dilakukan?


Tentunya hindari memarkir mobil di tempat yang terpapar sinar matahari langsung dalam jangka panjang ya, Sahabat. Jika terpaksa, Sahabat juga dapat menggunakan car cover sebagai alternatif. Jangan lupa servis mobil secara berkala agar kondisi kendaraan Sahabat selalu dalam keadaan prima!

Sumber: CNN Indonesia





Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu

bottom of page