Ban Kempis dengan Sendirinya?

Updated: Oct 19



Sahabat, ban merupakan komponen penting dalam kendaraan bermotor, ban sendiri memiliki fungsi penting menjadi penggerak untuk kendaraan. Sahabat pasti pernah dong mengalami ban kempis dengan sendirinya, ternyata ada beberapa penyebab yang dapat membuat ban kempis dengan sendirinya berikut penyebab-penyebabnya.


Ban kempis saat parkir terlalu lama adalah hal yang wajar.


Sahabat pernahkah mengalami ban kempis dengan sendirinya disaat parkir dalam jangka waktu yang terlalu lama? Itu suatu hal yang wajar Sahabat, karena tekanan suhu yang berubah-ubah antara suhu udara, permukaan tanah dan tekanan angin ban. Dalam Hukum Gay-Lussac dinyatakan bahwa "Dalam ruang tertutup dan volume dijaga tetap, tekanan gas akan sebanding dengan suhu gas".


Sumber gambar: Hello Miata

Selain itu, ban juga bisa kempis disebabkan karena terjadinya pengerutan. Ban mobil terbuat dari material karet dimana karet bisa mengalami pengerutan pada suhu yang dingin. Ketika karet ban mobil mengerut, terbentuklah ruang kosong di antara ban dan velg sehingga udara di dalam ban keluar dengan sendirinya. Jadi jangan kaget ya Sahabat, tetapi ingat angin dalam ban akan keluar hingga ban mobil kempes dalam waktu yang lama dengan catatan mobil tidak pernah digunakan.


Jadi sahabat sudah tau kan salah satu penyebab ban kempis dengan sendirinya, jadi sahabat jangan lupa untuk selalu mengecheck kondisi ban disaat mau dipakai untuk beraktivitas ya.

5 views0 comments

Recent Posts

See All