Pilihan Ban yang Tepat untuk Kendaraan Niaga.



Peranti keselamatan berkendara bukan hanya ada di seputar seatbelt dan airbags, ban adalah salah satu komponen yang lebih dulu menyentuh aspal, sehingga kondisi ban sangat berpengaruh pada keselamatan dan kenyamanan berkendara. Pemilihan ban pun tidak boleh sembarangan, harus tau spesifikasi bawaan pabrik agar bisa disesuaikan dengan ukuran yang diizinkan. Hal ini juga berpengaruh kepada tingkat keselamatan ban tersebut, seperti adanya kode kecepatan maksimal pada ban mobil.

Baik kendaraan pribadi atau pun kendaraan niaga, harus memilih ban yang tepat, terutama kendaraan niaga yang harus memuat barang bawaan yang banyak, namun juga memiliki grip yang pas, sehingga pada saat barang muatan banyak, pengemudi dapat menikmati handling dengan baik.


MinTu merekomendasikan ban berikut, sesuai dengan spesifikasi kendaraan niaga dari Daihatsu, yaitu Granmax.


  • Dunlop LT5


Brand Dunlop terkenal dengan produk ban nya yang memiliki durabilitas tinggi, Dunlop juga menjadi ban standar dari mobil-mobil yang ada di Indonesia. Namun, Dunlop tidak berhenti begitu saja, justru mereka membuat ban dengan karakter yang kokoh tentu dengan durabilitas tinggi. Ban Dunlop LT5 menggunakan konstruksi steel belt radial yang di rancang khusus untuk angkutan barang seperti Mobil Pick Up, Niaga, dan Van. Karena Ban Dunlop LT5 memiliki daya tahan dan umur pemakaian yang lebih lama serta stabilitas yang mantap pada kecepatan tinggi. Selain itu, ban Dunlop LT5 ini mampu berjalan dalam kondisi basah atau kering.


  • Bridgestone Duravis



Kata ""DURAVIS"", gabungan kata Durable (Ketahanan) dan Latin VIS (Kekuatan), menjelaskan bahwa ban ini memberikan 'Keamanan Lebih Baik' dengan 'Daya Tahan Yang Lebih Tinggi'. Ban DURAVIS R624 kini hadir, memadukan kecanggihan teknologi ban kami dan merupakan sebuah kemajuan besar dalam hal ketahanan, DURAVIS R624 memberikan masa pakai lebih lama. Perbandingan kinerja antara DURAVIS R624 dengan BISON R623, menunjukkan bahwa produk baru DURAVIS R624 telah mencapai tingkat ketahanan 5% lebih tinggi.


  • Gajah Tunggal (GT) Radial Maxmiler Pro



GT Radial Maxmiler Pro dirancang untuk kendaraan komersial ringan masa kini. Memberikan keamanan, tahan lama, dan jarak tempuh yang tinggi. Berikut ini adalah Spesifikasi dari Ban GT Radial Maxmiler Pro 185R14 di bawah ini. Keunggulan terletak pada daya cengkeram kuat, lebih stabil dalam membelok, dan Jarak pengereman lebih pendek. Performa terbaik di jalan basah maupun kering, Ban hening saat di kendarai, menjadikan umur pemakaian lebih lama. Sangat efektif menepis air serta mengurangi aquaplaning, sehingga pengendalian dan kontrol kemudi lebih baik di jalan basah maupun kering.


  • Hankook Laufenn

Produsen ban global terkemuka Hankook Tire kembali melakukan inovasi produk berbasis teknologi dengan meluncurkan seri "Laufenn" untuk kategori mobil penumpang (passanger car radial) di Indonesia. Laufenn hadir mengusung konsep Journey in Style yang menawarkan pengalaman berkendara penuh gaya.




Menduduki kasta premium dalam pilihan ban komersil untuk kendaraan niaga, pada tipe X FIT VAN untuk segmen kendaraan van, untuk pengguna kendaraan komersial yang sering berkendara pada jalan basah atau kering. Ban ini telah dilengkapi dengan handling dan pengereman yang kuat, serta daya tahan dan daya tempuh yang lebih baik. Hal ini juga didukung dengan ikatan kuat di antara sabuk ban untuk menjaga stabilitas berkendara pada kecepatan tinggi dan struktur ban yang tahan lama untuk menjaga muatan kendaraan. Tersedia untuk ukuran ring 13 hingga ring 18.


Masih banyak produk dari brand ternama lainnya yang layak untuk dicoba, semoga dapat menambah bahan perhitungan dalam pemilihan ban yang tepat ya, Sahabat!








17 views0 comments