top of page
  • MinTu

Dash Cam di Mobil: Penting Gak Sih?



Sahabat, ada yang tertarik untuk pasang dash cam di kendaraannya?


Akhir-akhir ini memang eksistensi dash cam sebagai aksesoris mobil semakin dilirik. Biasanya, ramai di media sosial bagaimana keberadaan klip dash cam dapat sangat membantu ketika terjadi kecelakaan agar terdapat bukti yang konkrit dan tidak terjadi fitnah, atau ketika terjadi pencurian/perampokan.


Dash cam atau dashboard cam sendiri merupakan sejenis kamera berukuran kecil yang lazimnya diinstalasi pada dasbor atau kaca depan mobil, namun bisa juga di bagian kaca belakang. Kamera ini biasanya memiliki lensa sudut lebar sehingga memiliki cakupan yang cukup luas. Agar dapat beroperasi, dash cam dapat menggunakan baterai internal atau dikoneksikan dengan tenaga listrik di mobil, tentunya menyesuaikan dengan spesifikasinya.


Seiring dengan perkembangan zaman, dash cam pun mengalami banyak pembaruan sehingga bisa melakukan lebih dari perekaman selama perjalanan. Antara lain seperti fitur GPS, juga perekaman otomatis misalnya jika dash cam mendeteksi adanya tabrakan atau benturan mencurigakan yang mengindikasikan maling, sehingga kamera ini dapat berfungsi secara maksimal untuk meningkatkan keamanan Sahabat saat berkendara atau meninggalkan mobil.


Harga dash cam pun bervariasi tergantung pada merek dan kelengkapan fitur-fitur di atas, serta spesifikasi mendasar seperti resolusi dan memori kameranya. Dash cam bisa didapatkan mulai dari harga 200 ribuan saja, sementara yang termahal berada di angka jutaan.


Jadi, kalau ditanya penting atau enggak, MinTu bisa bilang dash cam ini cukup penting ya Sahabat. Kita tidak tahu apa yang dapat terjadi ketika kita sedang berkendara di jalan raya. Yang pasti, selalu taat pada peraturan dan selalu berhati-hati!






Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu

Comments


bottom of page