top of page
  • MinTu

Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Mobil



Sahabat, sudah berapa lama memiliki mobil sendiri? Jika usia kendaraannya sudah bertahun-tahun, pasti kita sudah mempunyai banyak kebiasaan sendiri saat menyetir. Atau sudah memiliki 'pola' tersendiri dalam memperlakukan atau merawat mobil.


Disadari atau tidak disadari, ternyata ada beberapa kebiasaan yang kita lakukan atau tidak lakukan yang bisa jadi bumerang untuk mobil kita. Hal ini bisa jadi berupa kebiasaan yang sangat sepele dan seringkali terlewat oleh kita. Untuk yang belum memiliki kendaraan pribadi, Sahabat bisa memperhatikan hal-hal berikut sehingga bisa diterapkan nantinya ya.


1. Sahabat, jangan mengabaikan lampu indikator yang ada di setiap dasbor mobil. Lampu indikator ini merupakan sinyal yang saling terkoneksi sebagai peringatan bahwasanya ada masalah yang ada pada mesin atau bahan bakar, sehingga bisa diselesaikan dengan cepat.


2. Jangan lupa mengganti cairan karena setiap kendaraan memiliki berbagai cairan mulai dari air, minyak hingga oli. Nah, cairan-cairan ini memiliki fungsi masing-masing yang wajib diganti seiring dengan intensitas penggunaan mobil dan durasi.


3. Ban jadi bagian yang sangat vital dalam kendaraan. Karena itu jangan mengabaikan kondisi ban, ban perlu perawatan juga lho Sahabat, dengan cara rajin memeriksa keausan ban. Sebab, jika terjadi keausan ban tersebut bukan tak mungkin akan berdampak pada keselamatan hingga borosnya bahan bakar.


4. Tidak rutin melakukan servis. Sebab mobil memiliki banyak suku cadang atau komponen yang bisa saja aus ataupun rusak seiring waktu. Melakukan pengecekan dan servis rutin akan membantu terhindarnya kerusakan yang dapat menghabiskan biaya cukup mahal.


5. Penggunaan mobil setiap waktu pasti akan menyebabkan kotor. Jangan biarkan mobil Sahabat kotor dalam waktu lama. Bahkan saat mobil disimpan pun juga bisa terjadi hal yang sama. Terlebih jika mobil tersebut menyimpan bahan kimia atau kotoran yang dapat merusak dan berpotensi menyebabkan karat.


6. Cara mengemudi juga dapat berpengaruh. Berbagai kondisi lalu lintas akan terjadi saat mengendarai mobil. Memahami dan mematuhi aturan lalu lintas, seperti mengemudi dengan santai agar irit bahan bakar, memperhatikan batas kecepatan serta menghindari gaya mengemudi agresif.


Sayangilah mobilmu supaya berumur panjang ya, Sahabat!





Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu

bottom of page