top of page
  • MinTu

Kecelakaan Beruntun: Bagaimana Cara Menghindarinya?



Beberapa peristiwa kecelakaan beruntun terjadi dalam dua hari terakhir di beberapa daerah di Indonesia. Sebut saja salah satunya yang melibatkan tiga mobil di Jalan Nasional Madiun-Surabaya pada Minggu (05/11/2023) lalu, untungnya tidak ada korban jiwa meski kecelakaan tersebut menyebabkan salah satu juru parkir terluka berat.


Kecelakaan beruntun dapat berakibat sangat fatal dibandingkan dengan kecelakaan minor atau biasa lainnya. Jenis kecelakaan yang bisa melibatkan bahkan hingga ratusan jumlah kendaraan ini sesungguhnya dapat dihindari dengan beberapa kebiasaan berkendara yang aman. Berikut MinTu jabarkan beberapa di antaranya:


Perhatikan jarak aman


Menjaga jarak aman dapat memberikan banyak dampak yang bisa menyelamatkan pengendara dari mara bahaya. Dengan 3 detik jarak aman dari kendaraan di depan maju sampai kita memajukan kendaraan, jangka waktu tersebut dapat digunakan untuk berhenti, berpindah jalur, juga sebagai ruang gerak jika kendaraan di depan kita berhenti secara mendadak. Sehingga keputusan yang diambil saat menyetir dan proses pengereman dapat berlangsung dengan waktu yang cukup.


Hindari menjadi lane hogger


Sahabat, tahukah arti lane hogger? Mudahnya, lane hogger didefinisikan sebagai pengemudi yang mengendarakan mobilnya dengan kecepatan konstan (biasanya di bawah 80 km/jam) di lajur kanan jalan tol. Perilaku tersebut tentunya tidak benar karena lajur kanan jalan tol seharusnya digunakan untuk mendahului kendaraan lain. Pengendara sangat diimbau untuk kembali ke lajur tengah atau kiri setelah mendahului mobil lain.


Ikuti aturan kecepatan di jalan


Batas-batas kecepatan berkendara biasanya dapat dilihat di rambu di mana Sahabat berkendara. Pada jalan tol, misalnya, untuk jalan bebas hambatan atau tol, batas minimalnya adalah 60 km/jam dan batas maksimumnya 100 km/jam. Untuk tol dalam kota, batas minimumnya memiliki angka yang sama sementara maksimumnya bisa sama maupun lebih rendah yakni 80 km/jam. Mengikuti peraturan ini dapat bermanfaat sehingga kita jadi tidak terlalu lambat atau terlalu cepat, dan dapat saling mengantisipasi dengan pengendara lain.


Gunakan spion kendaraan dengan baik


Mengecek spion secara berkala tentunya membuat pengemudi lebih awas terhadap kondisi di sekitar mobil. Mengingat jalan yang digunakan milik bersama, penting juga untuk mengutamakan keselamatan pengendara di belakang kita.


Pastinya, selalu berkendara dengan menaati rambu-rambu lalu lintas yang berlaku ya, Sahabat.





Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu


Comments


bottom of page