top of page

Kenali Tekanan Angin Ban Mobil yang Sesuai



Sahabat, pernah menyepelekan masalah tekanan angin ban mobil sendiri?


Sebaiknya jangan ya! Tekanan angin pada ban yang kurang atau berlebih bisa mengganggu performa dan akselerasi mobil ketika dalam perjalanan lho. Dampak langsungnya, tentu dapat mengganggu kenyamanan saat berkendara. Untuk itu, penting bagi Sahabat memperhatikan tekanan angin pada ban mobil agar kondisi mobil Sahabat bisa selalu stabil dan nyaman dikendarai.


Jika kurang paham mengenai tekanan angin yang cukup pada ban kendaraan, Sahabat jangan khawatir. Tinggal membawa kendaraan ke tukang tambal ban, tentunya Sahabat akan segera dibantu.


Pada dasarnya, satuan yang umum digunakan dalam mengukur tekanan angin ban mobil adalah Psi. Sementara tekanan angin pada ban mobil di Indonesia idealnya berkisar antara 28-33 Psi. Jika dilihat dari rentang Psi tersebut, memang tidak terlalu jauh. Sehingga bisa simpulkan setiap mobil mempunyai tekanan angin pada ban yang hampir sama, yaitu paling tinggi 33 Psi dan paling rendah berkisar 28 Psi. Meski demikian, perlu diketahui jika hal ini sangat bergantung pada tipe mobil dan tipe ban yang digunakan untuk menyangga laju saat berkendara dengan mobil tersebut.


Meski tekanan angin pada ban mobil biasanya memang hampir sama, disarankan untuk jenis mobil sedang menggunakan tekanan angin ban yang berkisar antara 28-30 Psi. Sementara untuk mobil kelas MPV sebaiknya menggunakan angin ban dengan standar 30-32 Psi.


Tidak hanya tekanan angin pada ban standar yang harus dipahami, namun Sahabat juga harus mengetahui batasan maksimum yang sudah ditetapkan untuk pengisian angin ban. Umumnya, keterangan mengenai batas maksimum pengisian angin ban sudah tertera pada bagian dinding ban, sehingga Sahabat bisa mengisi angin yang tepat dan tidak melebihi tekanan maksimum angin ban tersebut.


Tekanan angin pada ban mobil pun tidak hanya disesuaikan dengan standar pabrik, namun juga perlu disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Umumnya variasi tekanan angin pada ban memang harus disesuaikan dengan faktor medan yang akan dilalui dan juga seberapa berat muatan yang akan diangkutnya. Misal saja untuk mobil kelas MPV seperti Daihatsu Xenia, maka Sahabat hanya perlu mengisi tekanan angin ban dengan standar 30 Psi jika hendak mengangkut muatan yang sedang serta tidak melakukan perjalanan yang jauh. Namun jika Sahabat hendak melakukan perjalanan jauh dan membawa muatan yang banyak maka tekanan angin ban mobil yang paling tepat adalah 31 ataupun 32 Psi.


Memiliki mobil memang sama halnya dengan mempunyai benda yang lainnya. Untuk itu, perawatan dan cara pemakaiannya mobil harus diketahui dengan benar dan tepat agar dapat memperpanjang usia kendaraan kita.





Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu


376 views0 comments

Comentários


bottom of page