top of page

Odometer: Saksi Bisu Riwayat Kendaraanmu


odometer merupakan indikator yang penting untuk melihat riwayat dari mobil yang kita gunakan

Odometer tentu menjadi alat yang akrab bagi para pengemudi. Tapi, tahukah Sahabat apa sebenarnya fungsi dari odometer? Untuk itu, mari simak artikel berikut.


Pengertian Odometer


Sebagai pemilik mobil, tentu saja sudah akrab dengan istilah odometer. Namun, tidak semua pemilik mobil memahami maksud istilah tersebut. Odometer merupakan sebuah alat penunjuk jarak tempuh kendaraan. Alat ini terletak pada panel dasbor tepatnya di sebelah speedometer.


Sementara odometer memiliki beberapa fungsi antara lain:


  1. Indikator jarak tempuh perjalanan kendaraan Odometer, sebagaimana telah dipaparkan sebelumnya, memiliki fungsi sebagai penunjuk jarak yang telah ditempuh oleh sebuah kendaraan. Dengan menggunakan perangkat ini, pemilik kendaraan dapat memantau sejauh mana jarak yang telah dilalui oleh mobil mereka.

  2. Indikator servis berkala Tidak hanya mencatat jarak yang telah ditempuh oleh mobil, tetapi juga sebagai penanda untuk servis berkala. Pemilik mobil dapat mengawasi jumlah kilometer yang telah ditempuh oleh kendaraan mereka. Ketika odometer menunjukkan angka 10.000 kilometer atau kelipatannya, itu menandakan bahwa mobil perlu segera dilakukan servis. Odometer membantu pemilik mobil untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan servis secara rutin. Melakukan servis secara teratur dan berkala sangat penting untuk menjaga umur dan kinerja komponen mobil supaya tetap optimal.

  3. Sebagai penentu harga mobil bekas Odometer berperan penting dalam menentukan harga jual mobil bekas. Alasannya, angka pada odometer menunjukkan jarak tempuh mobil. Semakin tinggi jarak tempuh, semakin murah harga jualnya. Sebaliknya, mobil dengan jarak tempuh rendah akan memiliki harga jual yang lebih tinggi. Namun, Sahabat juga perlu waspada jika ingin membeli mobil bekas yang sudah menggunakan odometer digital. Oknum nakal bisa saja memanipulasi odometer digital dengan meresetnya, sehingga jarak tempuh terlihat lebih rendah. Untuk itu, bantuan mekanik ahli odometer untuk memastikan jarak tempuh mobil.


Jenis-Jenis Odometer


Setelah memahami fungsi dari odometer, Sahabat juga perlu tahu bahwa dipasaran, mobil memiliki 2 jenis odometer baik analog maupun digital yang keduanya sangat membantu pengemudi dalam berkendara.


  1. Odometer analog Odometer analog merupakan generasi pertama dari alat pengukur jarak tempuh kendaraan. Bentuknya seperti bundaran yang menonjol dan bergerak memutar secara mekanis. Kabel fleksibel dari logam yang terhubung dengan roda kendaraan akan memutar odometer ini saat mobil bergerak, sehingga menunjukkan jarak yang telah ditempuh. Memiliki sifat rewindable artinya dapat diputar ulang, yang berarti mencatat setiap pergerakan roda gigi dan gir mobil. Saat mobil bergerak, baik maju maupun mundur, odometer analog akan berputar dan menghitung jarak yang ditempuh.

  2. Odometer digital Odometer digital, atau odometer elektrik, adalah jenis odometer modern yang menggunakan sistem komputerisasi untuk menghitung jarak tempuh. Berbeda dengan odometer mekanik yang menggunakan roda gigi, odometer digital menggunakan magnet untuk mendeteksi putaran roda dan menghitung jarak tempuh. Hasil perhitungan jarak tempuh ditampilkan dalam bentuk angka pada panel odometer digital. Odometer digital menawarkan beberapa kelebihan dibandingkan odometer analog seperti keakuratan dalam menghitung jarak tempuh karena tidak terpengaruh oleh keausan mekanis, selain itu secara tampilan juga lebih mudah dibaca dan memiliki beberapa fitur tambahan seperti trip meter, odometer parsial, dan pengaturan jam.


Mengingat peran odometer yang begitu penting, sudah menjadi keharusan bagi para pemilik mobil memperhatikan hal tersebut. Terutama ketika Sahabat ingin membeli mobil bekas, dimana ini sangat mempengaruhi dari harga mobil itu sendiri. Selain itu, penting juga untuk mengecek keaslian dari jarak tempuh pada odometer karena akan sangat berpengaruh pada kondisi mobil yang sebenarnya.




Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu





30 views0 comments

Comments


bottom of page