top of page

Mengenal Alternator Mobil: 'Jantungnya' Kendaraan



Sahabat, gimana perasaannya kalau tiba-tiba AC mobilnya rusak? Atau lampu depan mobil terasa redup sekali saat digunakan pada malam hari? Pasti nyebelin banget 'kan?


Nah, jika tanda-tanda tersebut muncul dengan beberapa keganjilan gak biasa lainnya, ada kemungkinan alternator mobil Sahabat tidak bekerja dengan baik. Supaya hal tersebut tidak terjadi, yuk kita pahami dulu apa itu alternator atau dinamo pada mobil kita.


Alternator atau dinamo adalah komponen pembangkit listrik yang terdapat pada kendaraan bermotor. Sebagai sistem yang mengubah tenaga kinetik menjadi tenaga listrik, alternator sendiri bertugas mengalirkan listrik pada fasilitas penting mobil seperti mesin, air conditioner, lampu, wiper, hingga head unit mobil. Alternator mobil juga memiliki tugas untuk mengisi aki mobil agar tidak drop atau tetap dalam tegangan yang stabil, sehingga jika alternator bermasalah maka hal tersebut juga akan berpengaruh pada umur aki.


Tegangan yang dihasilkan oleh alternator dipastikan tetap stabil oleh salah satu bagian dari alternator yang bernama regulator. Regulator dapat membantu kestabilan tegangan listrik meski rpm (revolusi per menit) naik secara mendadak. Selain regulator, tiap-tiap bagian dari alternator memiliki tugas yang saling berkesinambungan untuk menghasilkan output maksimal, sehingga jika terdapat satu saja bagian yang tidak bekerja sebagaimana mestinya, hal tersebut bisa berujung bahaya lho.


(Source: AutoExpose)


Sahabat dapat mengecek kondisi alternator mobil sendiri dengan mudah lho, beberapa caranya antara lain sebagai berikut:


1. Periksa kondisi sabuk pemutar alternator

2. Periksa jika ada bunyi tidak lazim/berdecit

3. Periksa jika timbul bau karet atau kabel terbakar/hangus

4. Periksa jika lampu indikator pada dasbor mobil menyala

5. Periksa menggunakan avometer


Demikian informasi dari MinTu Sahabat, jangan lupa servis mobil secara berkala ya untuk memastikan berbagai komponen kendaraan kamu dalam kondisi prima!





Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu

91 views0 comments
bottom of page