top of page

Mengenal Perbedaan CBU, CKD, hingga IKD



Sahabat, harga biasanya menjadi salah satu faktor penentu utama saat Sahabat ingin membeli kendaraan. Mobil pun memiliki banyak variabel yang menyebabkan harganya menjadi bervariasi. Salah satu hal yang turut serta dalam penentuan harga mobil adalah lokasi produksi tipe mobil tersebut.


Penggemar otomotif mungkin sudah tidak asing lagi dengan singkatan CBU (Completely Built Up), CKD (Completely Knocked Down), hingga IKD (Incompletely Knocked Down). Istilah-istilah tersebut merujuk kepada lokasi produksi atau perakitan kendaraan. Simak informasi selengkapnya di bawah ya, Sahabat:

  • CBU (Completely Built Up).

Seperti pengertian istilahnya secara harfiah, mobil tipe CBU diimpor ke Indonesia dengan keadaan utuh atau lengkap dan siap dipakai. Hal tersebut membuat harga mobil CBU relatif lebih tinggi di pasaran karena biaya impor-ekspor (pajak & bea cukai) yang lebih mahal. Biasanya, mobil CBU datang dari merk kendaraan yang belum ada fasilitas manufakturnya di tanah air, sehingga proses produksinya juga mengacu pada standar internasional.

  • CKD (Completely Knocked Down).

Mobil tipe CKD memiliki arti mobil tersebut diimpor dengan komponen yang belum dirakit, namun secara utuh. Untuk mobil tipe ini, biaya impor-ekspor-nya lebih rendah dibanding mobil CBU. Mobil tipe CKD juga cenderung lebih gampang dirawat karena layanan servis dan bengkel resmi yang lebih mudah ditemukan.

  • IKD (Incompletely Knocked Down).

Tipe mobil IKD adalah yang paling jarang disebutkan pada diskusi topik ini. Mobil IKD diimpor dengan kondisi belum dirakit dan komponen yang tidak lengkap, sehingga bagian-bagian yang tidak termasuk berarti dapat diproduksi sendiri oleh negara pengimpor. Dibandingkan kedua tipe di atas, mobil IKD memiliki biaya impor yang paling rendah. Mengingat komponen yang diproduksi di dalam negri tidak membutuhkan biaya pajak sebesar biaya impor.


Nah, itu dia tipe mobil berdasarkan lokasi perakitannya. Tentu semuanya kembali ke preferensi masing-masing ya, karena semua jenis ada kekurangan dan kelebihannya. Kalau Sahabat, lebih pilih yang mana nih?





Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu


318 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page