Mobil Pintu Geser: Mewah pada Zamannya!



Memasuki era kejayaan Daihatsu Zebra (Espass), dulu waktu MinTu masih mengenyam pendidikan di sekolah dasar, MinTu berdoa agar bisa punya mobil pintu geser, model dan aura yang dihadirkan mewah banget! Desain yang membosankan di jaman sekarang, tapi unik di masa lalu, dan yang terpenting, pintu geser.


Mobil pintu geser memiliki tempat di hati orang-orang lanjut usia, sebab mobil pintu geser tentu memiliki lantai yang rendah, sehingga untuk masuk ke dalam kabin sangat mudah. Mobil pintu geser juga memiliki kapasitas orang dan bagasi yang cenderung luas. Tempat parkir sempit? Bukan menjadi masalah untuk penumpang belakang, karena pintu geser dapat dibuka dengan aman tanpa harus takut terkena benturan dari mobil sebelah.


Sebagai Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan segala keunggulannya, mobil pintu geser tidak selamanya ada di mobil mewah, Low MPV seperti GranMax dan Luxio mengadopsi pintu geser manual dengan harga yang terjangkau. Tentu dengan komponen yang berbeda dibandingkan dengan pintu konvensional, mobil dengan pintu geser manual juga butuh perhatian yang kerap tidak dirasakan oleh pemiliknya.


1. Bersihkan Rel

Sumber: CintaMobil.com


Salah satu bagian terpenting dan berpengaruh terhadap halus atau tidaknya pintu geser dibuka. Pastikan pada bagian rel tidak terdapat kotoran yang dapat menghambat kerja bearing pada pintu.


Lakukan pembersihan minimal satu bulan sekali, siapkan kuas, cairan pembersih Multi Purpose, dan lap kering. Pertama, bersihkan bagian rel dari kotoran besar seperti kerikil atau tebu tebal dengan kuas. Setelah itu, semprotkan cairan pembersih dan angkat nodanya dengan lap kering, lakukan dua hingga tiga kali untuk hasil yang maksimal.



2. Melumasi Rel dengan Grease Khusus

Sumber: qoala app


Pelumas tidak selamanya oli, jika memberikan oli pada bagian rel atau engsel, sangat beresiko jika terjadi penumpukan kotoran pada oli yang sudah menempel. Maka dari itu, gunakan grease khusus yang mengandung parafin atau silikon, tersedia di seluruh e-commerce andalan Sahabat.


3. Perlakukan Pintu Geser dengan Baik


Setelah perawatan sudah dilakukan, sisanya ada di tangan pemilik untuk memperlakukan pintu geser dengan baik, seperti membuka pintu geser dengan hati-hati. Walaupun masih dapat dibuka secara manual, bukan berarti tidak banyak bagian yang tidak cepat rusak ya Sahabat.




5 views0 comments