top of page
  • MinTu

Oli Palsu Kembali Marak: Kenali Cirinya!



Sahabat, akhir-akhir ini terbongkar banyak kasus produksi dan distribusi oli palsu di beberapa wilayah seperti Banten, Jawa Timur, Bengkulu, hingga Kalimantan Tengah. Tidak tanggung-tanggung, bahkan barang bukti yang ditemukan bisa sampai belasan ribu botol.


Jika kita memiliki kendaraan bermotor, memang sudah semestinya agar mengganti oli secara berkala sebagai upaya merawat mesin supaya tidak mudah mengalami kerusakan. Seperti namanya, oli berfungsi sebagai pelumas mesin. Sehingga jika tidak lama diperbaharui, kemampuan pelumasannya juga tentu akan semakin berkurang dan menyebabkan gesekan yang berlebih pada komponen mesin. Hal tersebut dapat menyebabkan mesin overheat hingga konsumsi BBM yang boros.


Penggunaan oli palsu pun dapat menyebabkan dampak yang fatal pada kendaraan. Oleh karena itu, kita sebagai pemilik kendaraan perlu berhati-hati akan maraknya peredaran oli palsu. Beberapa ciri oli palsu yang dapat diidentifikasi dengan mudah adalah sebagai berikut:


  1. Warna dan konsistensi oli palsu tidak stabil

  2. Bau oli palsu menyengat dan cenderung gosong

  3. Botol atau kemasan mudah rusak dengan label yang tidak jelas (tidak ada penanda hologram keaslian atau informasi produk yang lengkap)

  4. Harga oli palsu jauh lebih murah dibandingkan oli asli

  5. Pemakaian oli palsu dalam jangka panjang dapat merusak kendaraan, contohnya dapat ditandai dengan keluarnya asap dengan bau yang tidak enak


Jadilah konsumen yang bijak dan cerdas ya, Sahabat!





Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu

Comments


bottom of page