top of page

Pentingnya Menjaga Kualitas Oli Persneling


Sahabat, oli merupakan salah satu komponen utama dalam menjaga performa mobil agar tetap prima. Bagi kelompok awam mungkin hanya akan menaruh perhatian pada oli mesin mobil. Kenyataannya, banyak rangkaian pada kendaraan kita yang butuh diperhatikan kualitas minyak pelumasnya supaya dapat menunjang kinerja mobil secara keseluruhan. Salah satunya adalah oli persneling.


Persneling (dikenal juga sebagai girboks) adalah sistem roda gigi atau sistem hidrolik yang memungkinkan perubahan kecepatan dan arah putaran pada kendaraan bermotor. Pada persneling, minyak pelumas atau oli berguna untuk menahan gesekan serta sebagai penetralisir suhu agar tetap dingin saat berfungsi.


Permasalahan pada persneling bisa disebabkan oleh kebocoran oli atau kualitas oli persneling yang buruk. Jika persneling mobil keras, bisa jadi hal tersebut dikarenakan terdapat kebocoran pada segel poros hingga output. Jika terdengar dengung dari bagian persneling atau bawah mobil, Sahabat juga wajib mengecek oli menggunakan dipstick. Umumnya, umur oli persneling yang ideal adalah 20.000 - 40.000 km atau per 2 tahun. Meski demikian, tetap disarankan mengganti oli secara rutin mengikuti jadwal servis berkala maupun mengikuti intensitas pemakaian kendaraan.





Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu

28 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page