Plus-Minus Menggunakan Angin Nitrogen pada Kendaraan


Zaman MinTu masih kelas 1 SD, MinTu disuguhi permainan video game Need for Speed Underground 2. Takometernya iconic banget! Ada N20 atau Nitrous Oxide (Nitrogen Dioksida) yang secara teknisnya akan bercampur dengan bensin sehingga memberikan dorongan mobil untuk melaju lebih kencang.


Setelah maraknya isi angin ban dengan Nitrogen, MinTu kira di pom bensin ada tempat isi ulang N2O. Namun, setelah MinTu mencoba sendiri, Nitrogen ini menggantikan sifat angin biasa pada ban mobil, dari yang tadinya berat, justru menjadi ringan dengan penggunaan nitrogen. Hal ini disebabkan oleh uap air pada angin biasa jika Sahabat mengemudi atau membiarkan mobil di suhu cuaca yang panas. Selain itu, dengan tekanan angin Nitrogen yang tepat, konsumsi BBM pada kendaraan akan semakin irit.


Nitrogen menggaransikan daya cengkram yang baik dan jauh lebih awet daripada angin konvensional, tetapi bukan berarti Nitrogen tidak memiliki kekurangan dibandingkan dengan angin ban biasa pada umumnya.


Biaya isi Nitrogen


Pengguna kendaraan roda empat tentu harus merogoh kocek yang lumayan untuk mengisi angin baru pada kelima ban yang ada (termasuk ban cadangan). Biaya 50 ribu rupiah untuk lima ban sudah termasuk tutup pentil hijau, menjadi penanda bahwa ban yang digunakan, terisi angin nitrogen. Untuk pengisian selanjutnya hanya dikenakan 5 ribu rupiah untuk satu ban.


Lokasi Pengisian


Bagi beberapa Sahabat yang jauh dari stasiun pengisian angin Nitrogen pada pom bensin, bengkel ban motor atau mobil bisa menjadi solusinya. Namun, jika bengkel tersebut tutup, tentu menjadi nilai minus bahwa Nitrogen masih belum dapat menjangkau semua penggunanya.


Suhu Aspal / Luar Ruangan


Nitrogen akan bereaksi jika suhu sekitar cenderung panas, itulah sebabnya daya cengkram lebih baik dibandingkan angin biasa. Namun, pada suhu dingin, Nitrogen justru akan habis lebih cepat dibandingkan klaim pada umumnya. Oleh karena itu, setidaknya dua minggu sekali, tekanan Nitrogen pada ban harus dicek jika suhu luar ruangan sejuk.


MinTu sudah bertahun-tahun menggunakan Nitrogen baik di kendaraan roda dua, maupun kendaraan roda empat. Share dong pengalaman kalian menggunakan Nitrogen untuk ban kendaraan kalian!


4 views0 comments