Sering Mengisi Daya Handphone di Mobil? Perhatikan Hal Berikut!



Selama perjalanan jauh, konektivitas smartphone pada head unit untuk mendengarkan musik sangatlah membantu untuk menemani perjalanan. Namun, daya pada smartphone juga ada batasnya. Port Charging pada mobil sangat bisa diandalkan!


Tetapi, ada beberapa hal yang harus diketahui oleh Sahabat mengenai pengisian daya baterai smartphone;


  1. Tegangan tidak stabil

Tidak seperti listrik rumah, daya baterai aki pada mobil memiliki batasnya, mengingat banyak perangkat elektronik pada kendaraan membutuhkan daya listrik, maka daya yang dihasilkan untuk mengisi daya smartphone pun menjadi tidak stabil. Maka dari itu, pengisian di kendaraan tidak terlalu cepat seperti mengisi daya di rumah.


2. Usia Baterai


Akibat dari tegangan yang tidak stabil, umur atau kesehatan baterai smartphone menurun, tidak sedikit kasus baterai menggelembung seperti kemasan cemilan. Bahkan ada yang meledak pada saat di-charge lhooo...


3. Kualitas Kabel


Bila memang mendesak, pastikan Sahabat gunakan kabel berkualitas ya. Kabel berkualitas tentu memiliki unsur keamanan yang memadai, seperti kualitas tembaga mau pun karet pembungkusnya. Namun, walaupun kabelnya tahan panas, jangan pernah meninggalkan dalam keadaan terpapar sinar matahari ya.


4. Dilarang Menelpon!


Berkegiatan dengan layar smartphone saat berkendaraan sangat tidak dianjurkan, apalagi saat smartphone masih dalam keadaan pengisian daya. Efeknya yang terjadi adalah dapat menimbulkan panas dan paling parah dapat mengakibatkan ledakan.


Ada baiknya, kita menepi dahulu, lalu melepas kabel dari port charging agar smartphone aman digunakan.


Mengisi daya smartphone di kendaraan apapun memang sangat diperbolehkan, asal mengetahui apa saja yang pelru diperhatikan. Baik dari sisi keamanan mau pun keselamatan.

3 views0 comments