top of page

Tanda-tanda Mobil Kamu Harus ke Bengkel


Sahabat, meski kendaraan kita sudah dilengkapi teknologi mutakhir, kebiasaan dan cara mengemudi kita tetap menjadi salah satu faktor yang menentukan kinerja mesin mobil kita. Ada penyebab yang akhirnya membuat mobil kita memasuki beberapa kondisi yang tidak sewajarnya. Jika kendaraan memunculkan tanda-tanda yang tidak biasa seperti di bawah ini, ada baiknya Sahabat membawa kendaraan ke bengkel sesegera mungkin agar tidak memperparah kerusakan.


Ini dia tanda-tandanya!


1. Asap tebal yang keluar dari knalpot


Ketika knalpot Sahabat menghasilkan asap tebal bisa diperkirakan ada potensi masalah dengan mesin kendaraan. Bahkan jika mobil Sahabat bermesin diesel yang cenderung banyak menghasilkan asap sekali pun, biasanya karakteristik asap dapat terlihat perbedaannya.


2. Kebocoran,yang terjadi pada mobil.


Di antaranya seperti oli, pendingin, bahan bakar, minyak rem, cairan transmisi, cairan power steering, dan dapat perhatikan secara seksama apakah ada kebocoran pada shock absorber.


Apabila Sahabat melihat cairan aneh pada pelek ketika mobil lama tidak terkena air, terdapat kemungkinan minyak rem atau kaliper bocor. Mengabaikan kebocoran seperti ini akan beresiko rem blong.


3. Berjalannya waktu beberapa mobil akan menimbulkan suara-suara di beberapa bagian.


Suara yang MinTu maksud adalah suara yang tidak terdengar atau terdeteksi saat pertama kali membeli mobil. Dalam artian suara-suara dari mesin atau bodi mobil tersebut baru muncul juga tidak biasa. Jika suara yang tidak terlalu keras dan dirasa masih cukup aman untuk dibawa ke bengkel, silakan Sahabat menyetir mobilnya langsung ke bengkel ya. Jika suara yang dihasilkan cukup besar, ada baiknya Sahabat meminta mobil derek untuk membawa mobil ke bengkel untuk diperiksa lebih lanjut.


4. Gangguan yang tidak muncul setiap hari, tetapi hanya terjadi pada waktu tertentu.


Misalnya jika Sahabat perhatikan penggunaan bahan bakar yang lebih banyak tanpa ada perubahan dalam gaya mengemudi. Jika hal ini terjadi perlu dilakukan pengecekan dan tune-up. Waspadai terjadinya tenaga yang hilang, suara yang tidak biasa saat memindahkan gigi, serta pengoperasian mesin yang tidak rata.


5. Sistem kelistrikan yang harus diperiksa pertama kali: kotak sekring!


Apabila Sahabat tidak menemukan masalah secara visual, disarankan meminta bantuan tenaga yang sudah mengerti masalah ini. Jangan biarkan orang lain yang tidak profesional melakukan 'improvisasi' pada kendaraan Sahabat demi mendapatkan penanganan yang cepat namun tidak akurat.


Untuk informasi lebih lanjut, hubungi MinTu via Live Chat ya!





42 views0 comments

Comments


bottom of page