top of page

Tips agar Service Murah


Terkadang Sahabat tidak percaya dengan biaya servis yang terlalu mahal, terlebih dengan adanya servis berkala yang perlu dilakukan. Memang pada awal pembelian mobil baru biasanya servis dapat dilakukan secara gratis, namun bagaimana dengan servis-servis selanjutnya? Yang awalnya hanya ingin servis ringan, akhirnya justru harus merogoh kocek lebih dalam.


Sahabat, perhatikan hal-hal ini ya untuk meminimalisir pengeluaran saat menyervis mobil:


Selalu gunakan suku cadang asli


Servis berkala dan cara berkendara yang wajar memang penting untuk menjaga kondisi mobil. Jika dengan memenuhi poin sebelumnya, Sahabat masih harus mengganti suku cadang padahal belum waktunya, mungkin kesalahan terdapat pada kualitas suku cadang yang digunakan. Maka dari itu, usahakan membeli suku cadang yang asli melewati dealer atau distributor resmi.


Suku cadang palsu memang murah, namun percayalah umur mereka tidak akan seawet suku cadang asli. Gunakan kesempatan ini untuk berinvestasi pada suku cadang asli.


Gunakan BBM yang sesuai kebutuhan mesin


Sahabat, jangan pelit ya sama kendaraan sendiri. Banyak pengendara lain yang memaksa tangki kendaraannya dengan bensin yang beroktan rendah. Meski harganya murah, bensin beroktan rendah justru mengakibatkan kinerja mesin tidak optimal serta tidak bisa menahan kompresi mesin yang tinggi, umur komponen juga pendek. Imbasnya, Sahabat jadi perlu menyervis kendaraan karena pembakaran yang tidak sempurna membuat mesin akan lebih cepat kotor.


Perhatikan jadwal service


Banyak alasan kenapa servis harus dilakukan sesuai jadwal. Pertama, agar garansi kendaraan tidak hangus. Kedua, untuk kendaraan yang baru agar tidak kehilangan layanan servis gratisnya. Servis berkala sangatlah penting untuk menjaga performa mobil secara keseluruhan.


Selalu rawat ban


Ban adalah suku cadang yang punya peran vital di kendaraan. Mengingat harga ban terbilang cukup mahal, menjaga keadaan ban juga penting untuk menekan budget servis kendaraan. Ada beberapa hal yang dapat Sahabat lakukan untuk merawat ban mobil.


Pertama, Sahabat wajib memperhatikan tekanan angin ban. Kedua, lakukan spooring dan balance agar pengendalian tetap maksimal. Terakhir, gunakan sabun khusus saat membersihkan ban dan yang terakhir copot dan bersihkan sela-sela ban minimal sebulan sekali.


Dengan mengikuti tips-tips di atas, MinTu harap Sahabat bisa berhemat saat servis kendaraannya ya! Untuk promo servis berkala bulan Januari, cek di sini.



41 views0 comments

Comments


bottom of page