top of page

ABS dan EBD pada New Sigra: Apa Bedanya?


Sahabat, New Sigra diperkenalkan pada publik dengan berbagai penyesuaian dan wajah baru. Faktor keamanan juga turut dikembangkan oleh mobil MPV ini.


Fitur Anti-lock Braking System (selanjutnya disebut ABS) mungkin lebih terdengar familiar untuk Sahabat. Meski demikian, ternyata Electronic Brake-force Distribution (selanjutnya disebut EBD) pun tidak kalah krusial pada kendaraan. EBD sendiri dapat dikatakan sebagai pembaharuan dari sistem pengereman ABS, mengetahui komponen fisik EBD pun sama dari ABS. Terlepas dari fakta itu, ABS dan EBD adala dua sistem yang berbeda lho Sahabat, karena tidak semua mobil yang memiliki ABS ikut dilengkapi oleh EBD.


Sistem rem ABS sejatinya berfungsi untuk menghindari kemungkinan terjadinya penguncian roda saat mobil berhenti secara mendadak atau keras sehingga keselamatan pengendara terjaga karena laju kendaraan dapat lebih terkendali. Sistem tersebut diadopsi dari teknologi yang sama di pesawat terbang, menggantikan sistem rem tromol atau cakram yang digunakan pada sebagian besar mobil pada masanya.


Sementara pada sistem EBD, teknologinya bekerja dengan mengubah jumlah gaya yang diterapkan pada setiap roda kendaraan secara otomatis. Tekanan minyak rem yang diatur oleh EBD kemudian berfungsi agar pengereman kendaraan dapat maksimal dengan efisien, serta pengemudi tetap mendapatkan kontrol laju kendaraan.


Daihatsu New Sigra telah dilengkapi ABS dan EBD, serta berbagai fitur penunjang keamanan lainnya. Harga OTR Jakarta 2023 New Sigra mulai dari Rp 133.200.000 saja, untuk promo yang berlaku Sahabat dapat menghubungi MinTu melalui livechat ya.

293 views0 comments
bottom of page