top of page

Begini Cara Melakukan Engine Brake dengan Benar!



Sahabat pengemudi mobil manual mungkin ada yang pernah mendengar istilah engine brake. Sebenarnya apa sih arti dari engine brake itu? Buat Sahabat yang gak tau, yuk baca rangkuman dari MinTu di bawah!


Engine brake adalah pengereman laju kendaraan, yang terjadi akibat hambatan putaran yang terjadi pada mesin. Meski tidak menurunkan posisi transmisi, dengan mengendorkan gas dan terasa mobil sudah tertahan, itu juga bisa disebut engine brake.


Lebih lanjut, engine brake merupakan salah satu teknik mengurangi kecepatan laju kendaraan dengan menurunkan putaran mesin. Jika hanya mengandalkan kerja rem saja, terutama saat kendaraan sedang berada di jalan menurun, dikhawatirkan akan membuat rem menjadi bekerja keras sehingga mudah panas. Terburuknya, rem bisa saja menjadi blong sewaktu-waktu.


Untuk melakukan engine brake sendiri dapat dengan tiga langkah ini: Sahabat boleh mengangkat kaki dari pedal rem, lalu injak pedal kopling, dan terakhir turunkan gigi ke yang lebih rendah. Sangat disarankan agar penurunan gigi dilakukan secara berurutan dan bertahap dengan menyesuaikan kecepatan mobil. Sebab, jika tidak dilakukan demikian, dikhawatirkan akan merusak sistem transmisi.


Apabila Sahabat tidak sengaja atau pada kondisi tertentu terpaksa melakukan engine brake dengan mengoper gigi tak berurutan, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel untuk memastikan kondisi sistem transmisinya.


Menjelang awal bulan September 2023, jangan lupa lakukan servis berkala ya Sahabat. Booking service kendaraan Sahabat sekarang!






Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu


181 views0 comments

Comments


bottom of page