top of page

Fenomena Menggoyangkan Kendaraan Saat Isi Bensin: Perlu Gak, Sih?



Sahabat, baru saja terjadi kecelakaan yang mengakibatkan sebuah motor terbakar di salah satu SPBU Malang. Sebelum terbakar, terlihat dari rekaman CCTV bahwa pemilik kendaraan menggoyang-goyangkan motornya saat dilakukan pengisian bahan bakar. Kejadian nahas tersebut kembali mengingatkan kita akan bahaya dari kebiasaan yang sebenarnya tidak lazim dilakukan ini.


Biasanya, kebiasaan tersebut dilakukan dengan alasan bahwa dengan menggoyang-goyangkan kendaraan maka tangki akan lebih cepat terisi atau tangki akan terisi penuh secara maksimal, sebab dengan menggoyang tangki udara yang tertahan akan segera keluar. Faktanya, para pemilik kendaraan mobil maupun motor tidak perlu menggoyang-goyang body kendaraannya jika bertujuan demikian.


Tangki bahan bakar sendiri mempunyai sistem pernapasan, yang artinya saat proses isi bensin, jika ada udara yang terjebak di bawahnya, maka udara tersebut akan keluar dengan sendirinya tanpa perlu digoyang. Udara yang terjebak dalam tangki mobil juga akan keluar dengan sendirinya setelah nozzle diangkat. Tanpa digoyang pun, level bensin pada tangki akan menyesuaikan sendiri.


Jadilah pengemudi yang bijak ya, Sahabat.




Follow Tunas Daihatsu Official Socials: Instagram: @tunas.daihatsu TikTok: @tunas.daihatsu Youtube: Tunas Daihatsu Official

27 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page