top of page

Pentingnya Merotasi Ban



Sahabat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat ban kendaraan. Mengingat ban adalah salah satu komponen utama mobil, tentunya sudah menjadi kewajiban Sahabat untuk menjaga kondisi ban mobilnya ya! Salah satu langkah perawatan yang jarang sekali dilakukan adalah melakukan rotasi pada ban. Padahal dengan melakukan rotasi ban atau perpindahan ban, banyak keuntungan yang dapat diperoleh pemilik kendaraan.


Melakukan rotasi ban sama saja dengan meratakan tingkat keausan, sehingga titik aus tidak hanya pada satu bagian ban saja. Pada umumnya bagian ban depan lebih cepat aus dibandingkan dengan ban belakang, karena seperti yang kita ketahui, ban tersebut digunakan untuk pengereman dan lebih banyak terkena gesekan saat berbelok.


Sebenarnya tidak ada patokan resmi kapan harus melakukan rotasi pada ban. Idealnya, memang disarankan rotasi ban dilakukan setelah kendaraan menyentuh jarak pemakaian 10.000 km. Karena pada jarak tersebut tingkat keausan ban sudah mulai terlihat. Sedangkan untuk metode perpindahan sendiri tidak boleh dilakukan sembarangan, melainkan ada perhitungan dan tata caranya.


Contoh: saat akan memindahkan ban depan dan belakang tidak boleh searah, biasanya akan dilakukan penyilangan. Rotasi menyilang, misal ban belakang kanan pindah ke depan menjadi sebelah kiri begitupun sebaliknya. Biasanya juga dapat dilihat dari kerataan ban, karena selain untuk menyelaraskan, pemeliharaan ini juga untuk menjaga kondisi dinding ban pada kedua sisinya.


Bagaimana Sahabat, apa sudah pernah merotasi ban kendaraannya?





Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu

34 views0 comments

Recent Posts

See All

Bình luận


bottom of page