top of page

Rem Mobil Bunyi? Ketahui Penyebabnya!



Tak hanya mesin, sistem pengereman pada mobil juga bisa mengalami masalah. Salah satu masalah yang kerap terjadi pada sistem pengereman mobil adalah munculnya suara berdecit ketika saat melakukan pengereman. Jika sudah begitu, ada baiknya untuk segera cari tahu penyebab kerusakan pada sistem pengereman mobil kesayangan Sahabat.


Perlu diketahui, rem mobil yang menimbulkan suara berdecit tak selalu mengindikasikan adanya kerusakan pada sistem pengereman mobil. Ada sejumlah faktor atau penyebab yang membuat sistem rem berbunyi. Berikut beberapa faktor yang MinTu rangkum:


Komponen rem kotor


Letaknya yang berada di bagian bawah kendaraan membuat sistem rem pada roda mobil mudah dihinggapi kotoran. Sehingga bukan tidak mungkin ada kerikil halus atau lumpur yang menempel. Pada sistem rem tromol, kondisi ini sangat berpotensi besar menimbulkan suara berdecit saat pengendara melakukan pengereman. Lebih jauh, hal ini bisa juga terjadi pada sistem rem cakram.


Untuk mengatasinya, komponen rem pada tiap roda perlu dibersihkan hingga kampas rem dan dinding tromol. Cara membersihkannya pun mudah, bisa gunakan lap serta kuas. Agar hasil pembersihan maksimal, bisa disemprot dengan bantuan angin dari mesin kompresor ya Sahabat.


Kampas rem aus


Suara berdecit juga bisa disebabkan karena kampas rem sudah aus atau habis. Gesekan antara logam kampas rem dengan cakram atau tromol, membuat suara berdecit muncul setiap kali melakukan pengereman. Pada kondisi ini, ada baiknya segera untuk mengganti kampas rem. Tujuannya agar gesekannya tak sampai merusak permukaan cakram ataupun tromol rem.


Permukaan cakram tidak rata


Hal lain yang harus menjadi perhatian adalah mengecek permukaan cakram rem. Bisa jadi, munculnya suara berdecit tersebut diakibatkan karena permukaan cakram rem tidak rata. Penyebab permukaan cakram tidak rata biasanya dikarenakan kampas rem yang tidak pernah diganti.


Sebenarnya, ada solusi mengembalikan permukaan cakram seperti semula, yakni dengan cara diratakan kembali dengan proses bubut. Akan tetapi apabila kondisi permukaan cakram rem sudah benar-benar tipis, mau tidak mau Sahabat harus menggantinya. Disarankan penggantian cakram rem dilakukan sepasang karena ketebalannya harus seimbang antara roda sisi kiri dan kanan.


Demikian beberapa kemungkinan alasan rem mobil bisa bunyi saat digunakan, Sahabat. Semoga membantu ya!




Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu

38 views0 comments

Comentarios


bottom of page