top of page

Mengenal Aquaplaning: Musuh Pengemudi di Musim Hujan


Sahabat, ada yang pernah mendengar istilah aquaplaning atau hydroplaning?


Pada dasarnya, aquaplaning atau hydroplaning adalah kondisi saat ban mobil kehilangan cengkraman pada permukaan jalan yang tergenang air sehingga terjadi ketidakseimbangan kendaraan. Kondisi ini dapat sangat membahayakan pengemudi serta penumpang mobil karena pada kasus terparahnya mobil dapat tergelincir maupun kehilangan kendali.


Sebagai informasi, penyebab utama aquaplaning atau hydroplaning tentunya adalah kondisi jalanan. Curah hujan yang tinggi pada musim hujan acap kali membuat jalanan yang kita lalui menjadi selalu basah dan tergenang air. Apalagi di daerah yang memiliki sistem drainase yang tidak memadai.


Imbasnya, jalanan yang licin dapat menyebabkan ban menjadi tidak maksimal.


Tingkat keausan ban pun perlu ikut lebih diperhatikan saat musim hujan ini ya, Sahabat. Jika jalanan sudah licin dan ternyata ban kendaraan kita sudah tipis, tentunya hal tersebut bukanlah kombinasi yang aman.


Selain itu, cara mengemudi di atas jalanan yang basah dan licin tentunya perlu dibedakan dari cara menyetir biasanya. Pengemudi perlu memberikan perhatian ekstra pada cara mengemudinya, apalagi saat manuver atau berbelok. Jika dilakukan secara mendadak, tidak menutup kemungkinan dapat terjadi aquaplaning atau hydroplaning.


Selalu pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima untuk menerjang musim hujan ya, Sahabat!





Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu

30 views0 comments

コメント


bottom of page