top of page

Pilih Lampu Halogen, HID atau LED? Berikut Perbedaannya!



Sahabat, lampu pada kendaraan menjadi salah satu fitur yang penting dalam mendukung keselamatan saat berkendara. Terutama di malam hari, bagian eksterior yang paling nampak pada mobil kita ini berfungsi sebagai penerangan utama tentunya selain lampu jalanan dan sekitar. Jika masih menggunakan lampu bawaan pabrik, Sahabat mungkin tidak perlu memusingkan hal ini: tapi kalau sudah merasa perlu ganti atau bahkan nyaris mati total, informasi yang akan MinTu sampaikan mungkin akan membantu dalam menentukan jenis lampu untuk mobil Sahabat.


1. Lampu Halogen


Di antara ketiga lampu di atas, lampu halogen merupakan lampu pijar opsi termurah. Lampu yang umumnya berwarna kuning ini bekerja dengan cara menggesekkan energi panas dengan senyawa nitrogen sehingga menciptakan sinar. Lampu halogen juga memiliki karakteristik yang tidak menyilaukan pengguna kendaraan bermotor lain serta mampu menembus kabut. Tidak seperti lampu LED yang perlu mengganti keseluruhan komponen lampu, jika mengalami kerusakan, maka untuk lampu halogen ini hanya perlu diganti bohlamnya saja. Kekurangan yang paling utama dari lampu halogen ialah lampu ini dikenal menggunakan daya listrik yang cukup besar ketimbang lampu LED atau HID.


2. Lampu HID


Lampu HID atau High Idensity Discharge menggunakan campuran gas dan logam langka sebagai bahan utama. Dibandingkan lampu halogen, lampu HID diketahui hemat energi sekaligus punya pancaran cahaya yang lebih terang. Lampu HID lebih direkomendasikan untuk menjadi fog lamp untuk menjaga daya tahan lampu, karena lampu ini cenderung lebih cepat redup sehingga tidak disarankan untuk dipakai sebagai headlight. Mengingat pemasangan lampu HID membutuhkan ballast untuk menaikkan voltase, pastikan juga kapasitas voltase mobil juga sesuai agar menghindari korsleting ya, Sahabat.


3. Lampu LED


Selain sebagai lampu kendaraan, Sahabat mungkin jauh lebih familiar dengan lampu LED sebagai penggunaan sehari-hari. Lampu LED yang memiliki kepanjangan Light Emitting Diodes menggunakan teknologi dioda untuk menghasilkan cahaya: sederhananya, lampu LED dapat memancarkan cahaya monokromatik saat mendapatkan tegangan maju melalui rangkaian komponen elektronikanya. Lampu LED ialah varian yang paling tahan lama, tidak cepat putus dan panas. Kekurangannya, lampu LED bersifat menyilaukan pengendara lain, sehingga penting untuk Sahabat memasang projector saat menggunakan lampu ini ya.


Semoga Sahabat bisa menyimpulkan lampu mana yang tepat untuk kendaraannya setelah membaca penjabaran di atas, ya!





Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu

Recent Posts

See All

Kommentare


bottom of page