top of page

Roof Rail, Roof Box, Roof Rack: Apa Bedanya?




Sahabat, pasti banyak yang berpergian jauh menggunakan kendaraannya. Kendaraan pribadi memang menjadi pilihan paling nyaman untuk menempuh perjalanan panjang. Pun dengan ruang yang tersedia untuk sendiri atau keluarga, tidak dapat dihindari terkadang barang bawaan tidak mencukupi untuk ditata di bagasi. Bagian atap mobil akhirnya menjadi alternatif pendukung.


Supaya barang tetap terjaga dan aman, tentunya diperlukan kompartemen yang perlu dipasang terlebih dahulu. Sahabat mungkin tidak asing dengan istilah Roof Rail, Roof Rack, dan Roof Box. Tiga bagian ini merupakan aksesoris berbeda meski dalam kehidupan sehari-hari penyebutan istilahnya sering tertukar, terutama antara Roof Rail dan Roof Rack.


Dilansir dari Yakima, perbedaan mendasar antara Roof Rail dan Roof Rack adalah arah pemasangan kedua aksesoris tersebut. Untuk Roof Rail sendiri kedua ujungnya mengarah ke bagian depan dan belakang mobil (Utara dan Selatan). Sementara untuk Roof Rack, biasanya kedua ujung tiang atau papan penyangganya mengarah ke body samping mobil. Dari segi bentuk, Roof Rack juga mempunyai sekat-sekat rendah pada empat sisinya sehingga menyerupai bentuk 'rak'.


Lazimnya, pemilik kendaraan memasang Roof Rail sebelum menginstalasi Roof Rack di atasnya. Berikut adalah contoh instalasi Roof Rail. Pada All New Terios (R All), Solid Roof Rail sudah menjadi bawaan pabrik sehingga Sahabat hanya perlu menambah Roof Rack dan Roof Box jika diperlukan.


Sementara Roof Box, seperti namanya, merupakan kompartemen tambahan berupa kotak bagasi. Penggunaan Roof Box ideal untuk menghindari barang terpapar sinar matahari langsung atau hujan tanpa perlu membeli terpal tambahan.


Nah, Sahabat, untuk mudik nanti perlu aksesoris-aksesoris di atas gak nih?





Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page