Tips pentingnya menjaga tekanan Angin Ban

Updated: Apr 7



Ban adalah salah satu perangkat penting untuk kendaraan. Bahkan tanpa ban tidak ada kendaraan yang dapat berjalan. Namun sebenarnya apa sih fungsi utama ban?


Sahabat,ban memiliki beberapa fungsi utama. Yaitu :


Pertama : Ban menopang berat kendaraan, berat kendaraan (mobil) hampir mencapai 1.6 ton atau mendekati berat 32 orang dewasa. Ini sebabnya tekanan angin yang tepat membantu ban berfungsi maksimal menopang berat kendaraan.


Kedua : Fungsi ban menyerap benturan saat kendaraan berjalan di area yang tidak rata. Udara di dalam ban berfungsi sebagai pegas.


Ketiga : Ban meneruskan fraksi dan gaya pengereman. Ban bekerja dengan memanfaatkan gaya gesek dan momentum antara permukaan jalan dan telapak ban.


Keempat : Mengubah dan mengarah laju kendaraan. Ban yang baik akan mengikuti perubahan yang terjadi pada batang kemudi sesuai dengan arah yang dikehendaki oleh pengemudi.


Dari berbagai fungsi di atas, mengartikan ban menjadi satu-satunya perangkat yang merespon maksud pengemudi dan tenaga kendaraan. Ketika ingin melaju maka pengemudi akan menekan pedal gas, begitupun pada saat ingin memperlambat pedal gas.


Menjaga ban selalu dalam tekanan udara normal itu penting, karena menjadi satu-satunya cara agar fungsi ban bisa menjadi maksimal. Selalu rutin cek dua minggu sekali ke toko ban atau stasiun pengisian angin nitrogen terdekat.


Ternyata penting ya Sahabat untuk menjaga tekanan angin ban sebelum bepergian.



6 views0 comments

Recent Posts

See All