top of page

Yuk Bersihkan Kaca Lampu Mobil Berembun!




Sahabat pernah tidak mengalami lampu depan mobil redup? Lampu depan mobil dapat menjadi redup biasanya disebabkan oleh kaca mika yang terdapat di dalam lampu mobil Sahabat kusam akibat proses oksidasi, atau bisa juga disebabkan oleh embun. Hal tersebut mengindikasikan bahwa bagian lampu bocor sehingga mudah untuk disusupi udara atau air.


Kondisi tersebut tentu amat mempengaruhi penerangan serta menurunkan kadar estetika kendaraan. Selain itu, lampu mobil berembun juga dapat mengakibatkan kerusakan hingga kebakaran pada kendaraan. Air embun yang berinteraksi dengan bohlam yang panas pun dapat menyebabkan pecahnya lampu bohlam. Maka, jika terdapat embun pada lampu mobil, ada baiknya sesegera mungkin agar diatasi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.


Lampu mobil yang berembun terjadi akibat bagian sil atau kaca mika lampu tidak rapat sehingga menyebabkan udara terperangkap dan mengembun karena mengalami perbedaan suhu dengan bagian luar lampu. Salah satu akibatnya adalah seringnya kendaraan diparkir di luar ruangan sehingga terpapar langsung oleh sinar matahari. Sil lampu yang terbuat dari karet serta mika yang terkena sinar matahari terus menerus tentu akan menjadi getas sehingga membuat lampu menjadi bocor dan menyebabkan embun.


Cara yang paling mudah untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menyalakan lampu ketika sedang berhenti di tempat yang teduh. Embun akan menghilang dengan sendirinya jika terkena panas. Jika embun malah membuat genangan air pada lampu, maka cara terbaik adalah membuka kap lampu.


Setelah berhasil dibuka. langkah selanjutnya adalah mencari bagian yang bocor. Bersihkan menggunakan lap microfiber secara hati-hati agar tidak merusak bagian lampu lain yang terbilang sensitif.


Selalu perhatikan kondisi lampu mobil dan berkendara dengan hati-hati ya, Sahabat!




Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu

Recent Posts

See All

ความคิดเห็น


bottom of page